Kamis, 08 November 2012

SYARAT-SYARAT LAPORAN KEUANGAN…



Hmm.. agar informasi keuangan kita bisa bermanfaat, ada beberapa syaratnya loh, yaitu :
a)      RELEVAN.. artinya informasi yang disajikan harus ada hubungannya dengan pihak-pihak yang memerlukan untuk mengambil keputusan.
b)      DAPAT DIMENGERTI.. artinya bahwa laporan keuangan harus disajikan secara jelas dan mudaah dipahami oleh pemakainya..
c)       DAYA UJI.. artinya bahwa laporan keuangan yang disusun berdasarkan konsep-konsep dasar akuntansi dan prinsip-prinsip akuntansi yang dianut, sehingga dapat diuji kebenarannya oleh pihak lain.
d)      NETRAL.. artinya bahwa laporan keuangan yang disajikan bersifat umum, objektif, dan tidak memihak pada kepentingan pemakai tertentu.
e)      TEPAT WAKTU..artinya bahwa laporan keuangan harus disajikan sedini mungkin untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan ekonomi dan untuk menghindari tertundanya pengambilan keputusan tersebut.
f)       DAYA BANDING.. artinya bahwa laporan keuangan dapat diadakan baik antara laporan perusahaan tertentu dengan tahun sebelumnya atau laporan keuangan perusahaan tertentu dengan laporan keuangan perusahaan lain pada tahun yang sama.
g)      LENGKAP.. artinya bahwa laporan keuangan yang disusun meliputi semua data akuntansi keuangan dan memenuhi syarat-syarat di atas serta tidak menyesatkan pembaca.
Di atas merupakan syarat-syarat laporan keuangan guys.. dan semoga informasi ini ada manfaatnya buat pembaca dan tidak menyesatkan.. hehee ^_^

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar